Terima Kunjungan FPK Riau, Wagubri Nyatakan Kesiapan Lepas Parade Bhineka Tunggal Ika

Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, dengan antusias mempersiapkan diri untuk melepas Parade Bhineka Tunggal Ika yang diselenggarakan oleh Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau. Acara ini dijadwalkan berlangsung di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, pada Minggu, 20 Agustus 2023. Wagubri juga turut mengapresiasi upacara ini, yang merayakan HUT ke-66 Riau dan HUT ke-78 Republik Indonesia. Foto: Ist

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, dengan antusias mempersiapkan diri untuk melepas Parade Bhineka Tunggal Ika yang diselenggarakan oleh Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau. Acara ini dijadwalkan berlangsung di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, pada Minggu, 20 Agustus 2023. Wagubri juga turut mengapresiasi upacara ini, yang merayakan HUT ke-66 Riau dan HUT ke-78 Republik Indonesia.

“Insha Allah, saya siap melepas Parade Bhineka Tunggal Ika. Ini adalah kegiatan yang sangat positif untuk memelihara semangat persatuan dalam masyarakat,” ujar Edy Natar, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina FPK Riau.

Dia menyampaikan komentarnya saat menerima kunjungan sejumlah pengurus FPK Riau di Rumah Dinas Wagubri, Jalan Sisinga Mangaraja, Pekanbaru, pada Jumat (11/8/2023).

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh sejumlah tokoh, termasuk Kaban Kesbangpol Jenri Salmon Ginting, Kabid Ideologi Karakter Bangsa dan Wawasan Kebangsaan Sri Petri Haryanti, Ketua FPK Auni M Noor, Sekretaris Jailani Tan, Bendahara Syahrial, serta beberapa pengurus FPK lainnya, seperti Peng Suyoto, E. Surachmat, Sadrianto, Saparudin Koto, Rendra Sudarso, dan Max Robert Rumengan.

Wakil Gubernur menjelaskan bahwa keberadaan FPK Riau telah memberikan kontribusi positif terhadap pembauran kebangsaan di Provinsi Riau. Hal ini tercermin dalam tingginya indeks toleransi di wilayah ini, dan terbentuknya semangat persatuan yang kuat di tengah keragaman suku bangsa.

Sebelumnya, Ketua FPK Riau, Auni M Noor, mengungkapkan bahwa Parade Bhineka Tunggal Ika akan diikuti oleh 57 Paguyuban, dari Aceh hingga Papua, dengan partisipasi mencapai 4.000 peserta.

“Pada Parade Bhineka Tunggal Ika ini, kami juga akan menyelenggarakan 10 pertunjukan Budaya Nusantara, serta bazar yang menawarkan hidangan dan kerajinan Nusantara, yang akan dipusatkan di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru,” katanya.

BACA JUGA:  PHR Manfaatkan Gas Suar Untuk Kebutuhan Listrik Dengan Performa Tinggi

Auni juga menjelaskan bahwa dalam Parade Bhineka Tunggal Ika, akan ada pembawaan bendera sepanjang 78 meter oleh 50 purna paskibraka Provinsi Riau. Hal ini sebagai bagian dari upaya meramaikan perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia.

“Kegiatan ini akan berlangsung di Jalan Gajah Mada, dengan awal persembahan bendera dimulai di depan gedung LAM Riau, Jalan Diponegoro,” tambahnya.*