Tiga Dosen Faperta UIR Ikuti SAFE 2022 di Istanbul University, Turki

Ikuti SAFE 2022 di Istanbul University, Tiga Dosen Faperta UIR Bertolak ke Turki.

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Tiga dosen Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Islam Riau (UIR) mengikuti International Conference on Sustainable Agriculture, Food and Energy (SAFE 2022) di Istanbul University, Turkiye pada 16 hingga 20 Oktober 2022.

Ketiga dosen yang bertolak Sabtu, 15 Okotber 2022 itu mengikuti konferensi internasional. Mereka adalah Dr Ir Siti Zahrah MP (Dekan Faperta UIR), Dr Ir Ujang Paman Ismail MAgr (Wakil Dekan III) dan Sisca Vaulina SP MSi (Ketua Prodi Agribisnis Faperta UIR).

Dekan Faperta UIR Dr Siti Zahrah didampingi Dr Ujang Paman Ismal kepada pers mengabarkan, kehadiran di acara tersebut sekaligus untuk menandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dari beberapa Fakultas Pertanian dari berbagai universitas yang ada di kawasan Asia Pasifik serta menghadiri Net-work-Asia Pasifik.

“Forum atau pertemuan tersebut akan membicarakan kerjasama yang lebih luas di antara Fakultas Pertanian yang tergabung dalam organisasi Sustainable Agriculture, Food and Energy (SAFE), termasuk Faperta UIR,” kabar Siti Zahrah sembari menjelaskan, keikutsertaan Ketua Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian UIR Sisca Vaulina SP MSi di konferensi internasional ini menjadi penting pula dalam rangka menjajaki kerjasama atau kolaborasi dengan program studi yang sama dari universitas yang ada di Asia Pasific yang merupakan anggota dari SAFE.

Dikabarkannya, kerjasama internasional sekarang ini sangat penting untuk kemajuan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UIR ke depannya dan sekaligus pengakuan internasional atas keberadaan program studi tersebut di level internasional. Hal ini sangat mendukung dalam mewujudkan visi prodi, fakultas dan UIR yaitu menjadi Universias Islam Kelas Dunia Berdasarkan Iman Taqwa.

Sementara itu, Dr Ujang Paman Ismail MAgr menjelaskan, kehadirannya dalam konferensi tersebut akan mempresentasikan hasil penelitiannya tentang “Evaluation of Operator’s Competence to Maintain Farm Machines.”

Keberangkatan atas biaya Kemendikbud Dikti dari dana hibah penelitian tahun 2022 ini untuk menghadiri Internasional Seminar. Sebagai founder dan anggota tetap organisasi profesi internasional: (SAFE)-Asia Pacific Network Forum yang didirikan tahun 2013 yang lalu.

“Saya terus mengikuti konferensi yang diadakan setiap tahun, kecuali dua tahun belakangan tidak diadakan akibat Covid-19. Di tengah ancaman krisis pangan global saat ini, conferensi ini menjadi penting dan menarik untuk diikuti,” kata mantan Dekan Faperta yang pernah maju dalam Pemilihan Rektor UIR ini.*