Tiga Mahasiswa Unilak Wakili Riau Ke Ajang Nasional Festival Pemuda di Surabaya

Beritaazam.com, Pekanbaru – Zana Faadhilah Arafah, mahasiswi semester 7 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning, mewakili Riau ke tingkat nasional dalam ajang festival Pemuda di Surabaya pada bulan Oktober 2022 mendatang.

Keberhasilan Zana berangkat menuju kota Surabaya usai ia mengikuti seleksi tingkat nasional yang dilakukan oleh organisasi harapan pemuda Indonesia dan Yayasan Pondok Kasih. Untuk Provinsi Riau, selain dirinya, mahasiswi dari Unri turut serta berangkat menuju Surabaya. Hal ini diketahui saat pengumuman yang mereka lalukan di sosial media.

4 Pemuda yang berangkat adalah Zana Faadhilah Arafah dari FIB Unilak, Riski Nanda dari FIA Unilak, Rio Saputra FIA Unilak dan Latifah Husna dari Unri.

Keberhasilan mereka lolos ke Surabaya setelah mengikuti seleksi secara ketat. Untuk Riau ada 27 peserta yang mendaftar dari berbagai kampus di Riau, seperti Unri, Umri, UIR, UIN, dan lain-lain.

Zana yang dihubungi Sabtu, 17 September 2022 mengatakan merasa bersyukur dan bangga ternyata saat pengumuman ada tiga mahasiswa Unilak yang berhasil lolos. “Ini suatu kebanggaan bagi kami. Tentunya kami akan senang karena bertemu dengan pemuda-pemuda berprestasi terpilih dari seluruh Indoneisa. Informasi yang kami dapat ada 136 pemuda  yang terpilih di tiap provinsi dan berangkat ke Surabaya. Kami menyisihkan lebih dari 1000 pendaftar se Indonesia,” ucapnya senang.

“Kami mohon dukungan bimbingan dan doa dari Pak Rektor dan Pak WR 3 agar kami dapat membawa nama harum Riau dan Unilak di pentas nasional. Beberapa agenda kegiatan di Surabaya adalah presentasi projek proposal yang dilombakan, kemudian kemah kebangsaan, karnaval daya nusantara dan napak tilas kebudayaan Indonesia. Kami akan membawa baju adat Melayu untuk ditampilkan,” ujar Zana yang pernah mengikuti sekolah HAM di Jakarta yang diadakan oleh Kontras awal tahun 2022.

Sementara itu, Wakil Rektor III Unilak Dr Bagio Kadaryanto SH MH memberikan apresiasi kepada tiga mahasiswa Unilak yang berhasil lolos mewakili Riau untuk pertemuan pemuda di Surabaya. Dirinya mendukung penuh mahasiswa Unilak untuk berprestasi.

“Saya berharap tiga mahasiswa Unilak ini mampu mengharumkan nama Unilak dan Riau. Kemudian mampu mengambil ilmu pengetahuan yang didapatkan dan berbagi dengan kawan-kawan mahasiswa lainnya, yang juga penting adalah mendapatkan teman baru dan networking,” pesannya.*