Tingkatkan Kesadaran dan Minat Literasi, AQUA Japan Renovasi Perpustakaan di SMK Negeri 1 Budi Utomo

Beritaazamcom, Jakarta – Sebagai rangkaian menuju 30th AQUA Japan di Indonesia dan bagian dari kampanye “Growing Together with AQUA”, AQUA Japan mengadakan Renovasi Perpustakaan di beberapa sekolah. Hal ini didasari dengan data yang menyebutkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara terbawah yang memiliki tingkat literasi yang rendah.

Program bertema “Literacy and Donations” ini, dirancang sebagai sebuah wujud nyata kepedulian AQUA Japan terhadap dunia pendidikan anak-anak Indonesia.

“Melihat kurangnya minat baca siswa karena koleksi buku yang tidak up to date serta suasana perpustakaan yang kurang mendukung, AQUA Japan merenovasi beberapa perpustakaan sekolah, salah satunya di SMKN 1 Jakarta. Kami ingin mengajak lebih banyak generasi muda untuk kembali meningkatkan minat baca dengan menyediakan fasilitas yang memadai dan sesuai kebutuhan,” ujar Kenji Sadayuki, President Director AQUA Japan.

Maman Ruhiman, M.Pd selaku Plt. Kepala Sekolah SMKN 1 mengungkapkan antusiasmenya terhadap program ini. ”Renovasi perpustakaan sekolah yang dilakukan AQUA Japan sungguh sangat membantu kami di SMK Negeri 1 Jakarta dalam program pengembangan perpustakaan sekolah, mudah-mudahan hal ini mampu membantu dalam merevitalisasi perpustakaan kami sehingga minat baca dan kemampuan literasi peserta didik SMK Negeri 1 akan semakin meningkat,” ungkapnya.

Selain merenovasi ruang perpustakaan, AQUA Japan juga memperbaiki rak buku dan melengkapi koleksi buku yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dengan adanya perbaikan dan penambahan koleksi buku ini diharapkan semua siswa dapat memiliki lebih banyak koleksi buku bacaan, dapat saling berbagi koleksi buku, saling menjaga dan membaca dimana saja mereka suka namun tetap dalam pengawasan pihak sekolah.

Selain itu pada kegiatan CSR ini, AQUA Japan juga memberikan berbagai produk elektronik untuk menunjang pembelajaran di sekolah.

“Kegiatan ini sebagai rangkaian tema ‘Growing Together with AQUA Japan’ serta sebagai bentuk ungkapan rasa terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah senantiasa mendukung keberadaan AQUA Japan selama 30th. Selain menghadirkan inovasi produk elektronik yang menunjang produktivitas, kebutuhan dan kesehatan keluarga Indonesia, AQUA Japan juga konsisten mendukung generasi muda untuk menjadi Sumber Daya Manusia yang lebih kompeten,” tutup Glenn Manengkei, Head of Marketing Department AQUA Japan Indonesia.*