Tuan Rumah Rakornas Produk Hukum Daerah se-Indonesia, Muflihun: Ajang Promosi Pekanbaru

Kota Pekanbaru akan menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Produk Hukum Daerah se-Indonesia yang akan berlangsung dari tanggal 13 September hingga 15 September 2023.

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Kota Pekanbaru akan menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Produk Hukum Daerah se-Indonesia yang akan berlangsung dari tanggal 13 September hingga 15 September 2023. Kegiatan ini bukan hanya sebuah pertemuan, tetapi juga merupakan peluang besar untuk mempromosikan pesona Kota Pekanbaru.

“Alhamdulillah, Kota Pekanbaru telah dipilih sebagai tuan rumah Rakornas produk hukum daerah se-Indonesia. Ini adalah kehormatan bagi kita semua dan juga kesempatan luar biasa untuk memperkenalkan Pekanbaru kepada seluruh Indonesia,” ungkap Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun, setelah rapat persiapan Rakornas yang digelar pada Senin (11/9/2023).

Muflihun mengungkapkan rasa terima kasih Pemerintah Kota Pekanbaru atas kepercayaan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri. Kegiatan ini akan mengangkat tema “Peran strategis biro hukum dan bagian hukum dalam penyelenggaraan otonomi daerah.”

“Kami siap untuk berkolaborasi dengan panitia dari Kementerian Dalam Negeri dan kami juga siap menyambut kedatangan para peserta Rakornas dari berbagai daerah di Indonesia,” tambahnya.

Muflihun menjelaskan bahwa undangan Rakornas ini ditujukan kepada kepala biro hukum dan kepala bagian hukum daerah di seluruh Indonesia yang saat ini dipimpin oleh penjabat kepala daerah.

“Artinya, yang diundang oleh panitia pusat adalah para pejabat di bidang hukum daerah yang wilayahnya sedang dipimpin oleh penjabat kepala daerah, baik Pj Gubernur, Pj Walikota, maupun Pj Bupati,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum Setdako Pekanbaru, Edi Susanto, mengkonfirmasi bahwa persiapan untuk acara ini telah mencapai 90 persen. Besok, mereka akan menggelar rapat terakhir bersama panitia dari Kementerian.

“Dalam rapat tadi, Pj Walikota menekankan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. Beliau meminta agar penyambutan tamu VIP, narasumber, moderator, dan peserta berjalan dengan maksimal,” kata Edi.

BACA JUGA:  Kode Nomor Pungung 10 dan 12, Kaesang dan Erina Gudono Nikah 10 Desember 2022?

Selain itu, dalam rangkaian acara, Pj Walikota juga meminta agar seluruh panitia dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terlibat secara maksimal, baik dalam acara malam gala dinner maupun acara puncak pada tanggal 14 September 2023.

“Lebih dari itu, Pj Walikota juga berpesan agar semua kekayaan lokal, seperti kuliner dan makanan khas, ditampilkan dalam acara tersebut. Selain itu, setiap hotel yang menerima peserta harus memiliki Penanggung Jawab Khusus (PIC) tersendiri,” tambahnya.

Hingga pukul 14.00 WIB, Edi melaporkan bahwa jumlah peserta yang terdaftar di luar pendamping sudah mencapai 170 orang. Namun, ini masih bergerak karena pendaftaran dilakukan secara online.

“Perlu dicatat bahwa jumlah tersebut belum termasuk pendamping. Beberapa peserta mungkin akan membawa pendamping, sehingga jumlah peserta bisa bertambah. Kami akan terus memantau perkembangan pendaftaran peserta,” tutup Edi.*