Berita  

Unilak Jalin Kerjasama dengan RS Lancang Kuning Pekanbaru dan Dompet Dhuafa

Beritaazam, Pekanbaru- Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru menjalin kerjasama dengan dua Rumah Sakit (RS) Lancang Kuning Pekanbaru dan Dompet Dhuafa.

Kerjasama ini dituangkan dalam penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Rektor Unilak Dr Junaidi dengan Direktur Rumah Sakit Lancang Kuning Pekanbaru Dr Pradipta Suarsyaf MMRS dan Kepala Pimpinan Dompet Dhuafa Riau Hendi Mardika, Jumat (30/07/2022).

Pelaksanaan MoU ini juga dibarengi dangan pengajian rutin bulanan bersama civitas akademika Unilak dengan penceramah Corp Dai Dompet Dhuafa Riau Ustad Ahmad Mukhlisin Lc MA.

Turut hadir Wakil Rektor I Zamzami MKom, Wakil Rektor II Hardi SE MM, Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto SH MH, Dekan, Kepala Biro, Kabag, dosen dan pegawai di lingkungan Unilak. Usai dilakukan MoU dilanjutkan dengan MoA antara Direktur Unilak Medical Center Hardi SE MM dengan RS Lancang Kuning.

Dr Junaidi dalam sambutannya menyampaikan rencana Unilak untuk mendirikan rumah sakit dan berdirinya Fakultas Kedokteran.

“Kami telah memulai dengan membuat studi kelayakan, studi banding terkait mimpi kami untuk memiliki rumah sakit dan fakultas kedokteran. Dan ini juga mendapatkan persetujuan dari yayasan, dan saat ini kami telah memiliki fasilitas kesehatan Unilak Medical Center. Saya sering ditanya masyarakat atau banyak masyarakat mengaitkan apakah ada hubungan antara rumah sakit Lancang Kuning dengan universitas lancang Kuning, dan hari baik ini (Jumat) Unilak dan RS resmi memiliki hubungan kerjasama,” ujar Dr Junaidi.

Sementara itu, Direktur RS Lancang Kuning Pekanbaru Dr Pradipta Suarsyaf memberikan dukungan kepada Unilak untuk memiliki Rumah Sakit dan pendirian Fakultas Kedokteraan.

Dikatakannya, RS ini berdirinya diawali dengan ruang VIP pavilium di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru yang di gagas oleh Gubernur Riau saat itu Soebrantas. Kemudian seiring berjalan waktu, akhirnya RS Lancang Kuning mandiri dan berdiri sendiri.

“Dari MoU ini banyak hal yang bisa dilakukan. Memiliki kesamaan memiliki nama yang sama yaitu Lancang Kuning semangat bersama, maka akan banyak yang bisa dilakukan kerajasama. Kami juga telah melakukan kerjasama dengan sejumlah kampus di Riau yang memiliki prodi kesehatan atau kedokteraan,” ujar Dr Pradipta Suarsyaf.

Sedangkan Pimpinan Dompet Dhuafa Riau Mahardika menyampaikan, kerjasama antara Unilak dan Dompet Dhuafa tentang pengelolaan Ziswaf, beasiswa mahasiswa kurang mampu dan mualaf, riset, pengabdian masyarakat dan pengembangan SDM.

“Insya Allah, kerjasama ini akan menambah penerima manfaat dan sebaran program dari Dompet Dhuafa Riau dan Universitas Lancang Kuning, kedepannya,” terang Hendi Mardika.*bis