Unilak Satu-Satunya Kampus Penerima PK-KM dari Kemendikbudristek

Gedung Rektorat Unilak

Beritaazamcom, Pekanbaru – Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru menjadi kampus satu-satunya di Riau yang berhasil menerima Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Dalam Surat Keputusan Dikti yang diumumkan beberapa waktu lalu dan ditandantangani oleh Prof Nizam, Dikti menetapkan 50 Program Studi dan 34 Institutional Support System (ISS)-MBKM dari 60 Perguruan Tinggi penerima bantuan Pendanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Tahun Anggaran 2022 dan dua Prodi di Unilak yaitu Prodi Kehutanan dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris berhasil memperoleh hibah ISS.

“Untuk Provinsi Riau, Kampus Unilak menjadi satu-satunya kampus yang dua prodinya berhasil menerima hibah program PK-KM. Hibah PK-KM MBKM Dikti ini ada dua kategori, yaitu institusi dan Program Studi. Dan Unilak berhasil menerima hibah institutional Support System (ISS) dan dua Prodi yaitu Prodi Kehutanan dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris,” beber Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto SH MH yang ditemui usai memimpin rapat persiapan Workshop realisasi Hibah ISS MBKM.

Dikatakan Dr Bagio, untuk melaksanakan program ISS MBKM Unilak akan mengadakan workshop pembuatan dokumen standar kerjasama dalam rangka meningkatkan kemitraan MBKM dengan menghadirkan guru besar Universitas Negeri Yogyakarta, Prof Dr Siswantoyo SPd MKes, yang akan diselenggarakan pada hari Kamis lusa, dan dibuka oleh Rektor Unilak Dr Junaidi.

“Kita patut bersyukur dan berbangga, Unilak menjadi satu satunya kampus di Riau dan LLDIKTI Wilayah X yang menerima hibah bidang ISS MBKM. LLDIKTI Wilayah X ini meliputi 4 provinsi yaitu, Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri, dan ada lebih dari 170 kampus,” ujar Dr Bagio.

Dikutip dari laman Dikti program PK-KM ISS-MBKM secara khusus ditujukan untuk memperkuat tata kelola MBKM dan memfasilitasi implementasi kampus merdeka untuk mendukung transformasi pendidikan tinggi yang dilaksanakan di seluruh program studi.

BACA JUGA:  Begini Rasanya Setengah Tahun Magang di Perusahaan Penopang Energi Nasional

Dalam rapat persiapan turut hadir koordinator lokakarya MBKM Ambar Tri Ratnaningsih SHut MSi, Kepala Biro Adminitrasi Umum, Wentisasrawita, Abiyus SKom MM, Febrizal Alfarasy Syam MKom, Keumala Anggraini ST MKom.*