Unisi dan Unilak Bersatu Memajukan Pendidikan di Riau

Universitas Islam Indragiri Hilir (Unisi) dan Universitas Lancang Kuning Riau (Unilak), menjalin kerjasama dalam rangka memajukan kualitas pendidikan di daerah ini.

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Universitas Islam Indragiri Hilir (Unisi) dan Universitas Lancang Kuning Riau (Unilak), menjalin kerjasama dalam rangka memajukan kualitas pendidikan di daerah ini. Penandatanganan perjanjian kerjasama tertuang dalam Memorandum Of Understanding (MoU) yang dilaksanakan di gedung Rektorat Unilak pada Selasa, 3 Oktober 2023.

Rektor Unisi, Dr. H. Najamuddin, LC.Ma, bersama Rektor Unilak, Prof Dr. Junaidi SS.M.Hum, memimpin penandatanganan kerjasama ini, yang juga melibatkan Wakil Rektor dari kedua universitas. Kunjungan ini, yang mencakup silaturahmi, kerjasama, serta studi banding terkait tata kelola perguruan tinggi, program Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (MBKM), akademik, dan pencapaian prestasi mahasiswa, bertujuan untuk memperkuat sektor pendidikan di Riau.

Dalam sambutannya, Rektor Unisi, Dr. Najamuddin, menyatakan komitmennya untuk meningkatkan kerjasama antara Unisi dan Unilak dalam upaya memajukan pendidikan di Riau. Dalam kunjungan pertamanya ke Unilak, ia juga membawa sejumlah pimpinan Unisi sebagai bagian dari delegasi.

Dr. Najamuddin mengungkapkan, pihaknya melihat banyak kemajuan yang telah dicapai oleh Unilak dalam tata kelola, hibah, jurnal, dan program MBKM. “Kami ingin belajar bagaimana kami bisa mendapatkan manfaat serupa, seperti hibah, untuk pengembangan unisi,” katanya.

Sementara Rektor Unilak, Prof Dr. Junaidi, mengucapkan selamat datang kepada Unisi dan mengapresiasi komitmen mereka untuk bekerja sama dalam meningkatkan pendidikan di Riau. Ia menjelaskan bahwa Unilak awalnya diinisiasi oleh Pemda Riau dan tokoh-tokoh Riau dengan tujuan memajukan dunia pendidikan bagi masyarakat Riau. Sejak itu, Unilak telah berkembang menjadi perguruan tinggi swasta yang mandiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji.

Prof Junaidi juga berbagi pengalaman Unilak dalam mendapatkan hibah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) dan bagaimana hal tersebut telah membantu dalam peningkatan pendidikan dan pengembangan program-program akademik. Ia menekankan pentingnya memiliki unit atau organisasi yang fokus pada implementasi program-program Dikti, seperti MBKM dan program hibah lainnya.

BACA JUGA:  Kontingen Piala Kasad Liga Santri PSSI Tahun 2022 Dilepas Pangdam V/Brawijaya

Kunjungan ini memungkinkan kedua universitas untuk berdiskusi tentang berbagai aspek pendidikan, termasuk pengelolaan universitas, pelatihan, dan program-program yang dapat membantu dalam menghadapi perkembangan zaman. Pertemuan berlangsung selama lebih dari dua jam dan diakhiri dengan foto bersama serta pertukaran cendramata.

Kerjasama antara Unisi dan Unilak diharapkan akan memperkuat budaya inovasi dan peningkatan berkelanjutan di kedua universitas, serta mempercepat pencapaian target pendidikan dan pengembangan di daerah Riau.*