Versi Green Matric UI 2023, Unilak Kampus Swasta Terhijau di Riau

Gedung Rektorat Universitas Lancang Kuning Riau

 

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Pada UI GreenMetric World University Rankings tahun 2023, Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau naik peringkat posisi ke-76 Nasional di Indonesia. Sebelumnya pada tahun 2022, Unilak berada di posisi 80.

UI GreenMetric merupakan pemeringkatan perguruan tinggi kelas dunia usungan Universitas Indonesia (UI) yang menitikberatkan penilaian pada komitmen pengelolaan lingkungan hidup kampus. Indikator penilaian pada UI GreenMetric 2020 dilandasi tiga pilar, yakni lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial.

UI GreenMetric kemudian membagi tiga pilar landasannya menjadi enam indikator penilaian yang memiliki persentase poin yang berbeda. Indikator-indikator tersebut ialah Penataan dan Infrastruktur (SI), Energi dan Perubahan Iklim (EC), Air (WR) dan juga Limbah (WS), Transportasi (TR) serta Pendidikan dan Penelitian (ED).

Tak hanya itu, Unilak Riau menjadi satu-satu perguruan tinggi swasta di Riau yang berhasil masuk dalam UI Green Matric. Sertifkat penghargaan untuk Unilak di tandatangani oleh Prof Dr Ir Riri Fitri Sari MM MSc/Chairperson of UI Greenmatric di Makassar 30 Novemver 2023.

Pada pengumuman itu ada 144 kampus di Indonesia yang masuk peringkat baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Untuk Provinsi Riau hanya ada dua kampus yang masuk yaitu UNRI di posisi 46 dan Unilak posisi 76. Tahun 2022 Unilak berada di posisi 80. Untuk urutan 1 hingga 5 ditempati kampus di jawa yaitu Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, IPB University, Universitas Negeri Semarang.

Sementara itu Kepala PIC Greenmatric Unilak Dr Indra Purnama. M.Si merasa senang Unilak mendapatkan prestasi nasional.

“Alhamdulillah akhirnya atas persetujuan Pak Rektor kampus kita di tahun 2023 dapat diukur terkait sejauh mana aspek sustainability atau keberlanjutan di kampus kita. Dan naik peringkat. Semoga ke depannya, program-program hijau seperti bank sampah, penataan kawasan konservasi, serta penerapan smart building dapat terus di tingkatkan di kampus kita.” ujar Indra yang dihubungi, Jumat (01/12/2023).

BACA JUGA:  Mantap! Empat Mahasiswi Unilak Raih Emas di Pomnas XVIII Kalsel

Dijelaskan Dr Indra, keberhasilan Unilak tersebut tak lepas dari upaya seluruh sivitas akademika Unilak termasuk rektor dan jajarannya yang berkomitmen tinggi untuk mewujudkan kampus hijau yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai regulasi yang mendorong semua dosen untuk bersama-sama menciptakan ekosistem tersebut.*