Wakil Bupati Bengkalis Lanjutkan Pendidikan Ke Fakultas Hukum Unilak

Wakil Bupati Bengkalis Lanjutkan Pendidikan Ke Fakultas Hukum Unilak

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Universitas Lancang Kuning Riau baru saja melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023. Diantara 2.000 lebih mahasiswa yang diterima di kampus Lancang Kuning, ternyata, terdapat salah satu pejabat negara. Dia adalah Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso yang resmi menjadi mahasiswa baru Fakultas Hukum Unilak.

Ditemui saat mendaftar ulang dan mengurus Kartu Tanda Mahasiswa, Bagus Santoso pada Jumat 13 Oktober 2023 lalu, ia mengatakan memiliki alasan tersendiri kembali ingin kuliah S1. Pertama saya masih ada satu keyakinan dikeluarga terutama bahwa menuntut ilmu itu dari buaian sampai ke liang lahat. Kedua, ilmu itu sangat berharga, ketika kamu miskin maka ilmu itu menjadi hartamu, ketika mempunyai harta maka ilmu itu berlian hiasan bagi diri.

“Saya berkepentingan untuk mengetahui dasar hukum setelah menjabat sebagai Wakil Bupati. Saya sering turun ke masyarakat. Sering masyarakat mengadu baik pesoalan lahan, kepala desa dll. Saya yakin pendidikan sekarang apalagi polanya setelah covid menempuh pelajaran bisa lewat zoom, media sosial, bisa dimana saja dan itu tidak bisa mengurangi kualitas. Seseorang berkualitas itu karena individu masing masing,” ujar Bagus Santoso.

Bergabungnya orang nomor dua di Kabupaten Bengkalis ini tentu bernilai positif baik bagi Unilak dan Fakultas Hukum. Menurut Dekan Fakultas Hukum Unilak Dr Fahmi SH MH, ia memberikan apresiasi dan menyambut baik bergabungnya Bagus Santoso memilih untuk kuliah di S1 Fakultas Hukum Unilak. Dia sangat bersemangat untuk mencari ilmu karena walau bagaimanapun, dalam kapasitas Wakil Bupati Bengkalis, tentunya banyak menemui berbagai masalah terutama dibidang hukum, seperti sengketa lahan masyarakat dengan perusahaan dll. Dengan bergabungnya ia FH Unilak dapat menambah wawasan keilmuan di bidang hukum.

BACA JUGA:  Faperta UIR Taja Kuliah Internasional dan Baca Puisi Penyair Riau

“Dengan bergabungnya beliau, kami melihat adanya peluang kerjasama antara FH Unilak dengan Pemkab Bengkalis. Ini juga sempat kami bicarakan beberapa peluang, antara lain kerjasama bantuan hukum untuk membantu masyarakat Bengkalis yang bermasalah dengan hukum. Kemudian juga tenaga dosen di FH Unilak akan bekerjasama membantu membuat naskah akademik terkait Perda yang akan di buat Pemda dan DPRD, serta kejasama lainnya seperti seminar dan sosialisasi hukum.

Pelaksanaan PKKM di tingkat Fakultas Hukum Unilak berlangsung pada Sabtu, 14 Oktober 2023, yang dihadiri oleh seluruh pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, panitia, dan seluruh peserta PKKMB

Sementara itu Rektor Unilak Prof DR Junaidi mengapresiasi bergabungnya Wakil Bupati Bengkalis. Wabup Bengkalis menjadi tauladan bagi kita, dan masyarakat di Bengkalis khususnya Riau umumnya. Meski telah menjadi pejabat negara, telah juga meraih pendidikan Doktor, dia masih tetap ingin menuntut ilmu dan belajar lagi di s1 hukum Unilak.

“Semangatnya layak ditiru. Semoga dengan bergabungnya ke Unilak semakin banyak dan meningkat masyarakat Bengkalis untuk dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi dengan kuliah di Lancang Kuning,” harapnya.*