Ketua FPK Riau Sebut Bangga Hidup Harmonis dalam Kebhinekaan

Acara Silaturahmi Akbar FPK Riau di Balai Serindit Gedung Daerah Pekanbaru, Sabtu (06/05/2023)

 

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Silaturahmi antar etnis diyakini sebagai wujud nyata pembauran kebangsaan. Dengan silaturahmi, akan tercipta rasa aman dan nyaman. Sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik.

Hal itu disampaikan Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi yang diwakili Asisten 1 Pemprov Riau Drs H Masrul Kasmy MSi saat menyampaikan sambutan pada acara Silaturahmi Akbar FPK Riau di Balai Serindit Gedung Daerah Pekanbaru, Sabtu (06/05/2023).

Dalam berkehidupan, menurut Masrul Kasmy, yang paling penting adalah kenyamanan dan rasa aman bagi setiap etnis. Maka Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) ini merupakan pejuang dalam rangka menciptakan rasa aman.

“Kami yakin FPK ke depan akan jadi forum yang bisa memberi pencerahan bagi anak bangsa,” ungkap Masrul Kasmy.

Silaturahmi akbar terasa meriah dengan suasana penuh keakraban. Apalagi dimeriahkan dengan penampilan Micky AFI, penyanyi asal Riau yang namanya melambung setelah mengikuti ajang pencarian bakat di salah satu stasiun televisi di Jakarta.

Pertemuan diikuti ratusan peserta yang terdiri dari utusan 73 Paguyuban yang tergabung dalam FPK Riau, utusan FPK kabupaten/Kota se Riau, pengurus FPK Provinsi Riau serta sejumlah undangan lainnya.

Selain Masrul Kasmy, tampak hadir pada pertemuan itu Sekretaris Dewan Pembina FPK Riau yang juga Kaban Kesbangpol Provinsi Riau, Jenri Salmon Giting AP MSi yang mewakili Wagubri, jajaran Forkompinda Provinsi Riau, sejumlah kepala dinas dan badan di lingkungan Pemprov Riau, Kabid Ideologi dan wawasan Kebangsaan Kesbangpol Riau, Sri Petri Haryanti SPd, Anggota Komisi 1 DPRD Riau H Andik Darma Taufik SKep dan H Sahroni Tua, SH, Ketua LAM Riau, Datuk Taufiq Ikram Jamil, Ketua FPK Provinsi Riau Drs H Auni M Noor MSi beserta jajaran Pengurus FPK Provinsi Riau, Ketua-ketua Paguyuban se Provinsi Riau dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Begini Rasanya Setengah Tahun Magang di Perusahaan Penopang Energi Nasional

Kembali ke Gubri, disampaikan bahwa, Pemerintah Provinsi Riau memberikan perhatian yang sangat besar kepada FPK Provinsi Riau. Hal ini dimaksudkan untuk terciptanya keamanan dan ketertiban di Bumi Lancang Kuning ini.

Sementara Ketua Dewan Pembina FPK Riau Brigjen TNI (Purn) H Edy Afrizal Natar Nasution SIP diwakli Sekretaris Dewan Pembina FPK Riau, Jenri Salmon Ginting AP MSi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Silaturahmi Akbar FPK Riau.

Jenri menekankan agar semua pihak di Bumi Lancang Kuning ini agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban, terutama menjaga suasana kondusif. Apalagi saat ini sudah memasuki tahapan Pemilu Serentak 2024.

“Pemilu serentak 2024 kita harus meningkatkan persatuan dan kesatuan. Boleh berbeda pilihan, boleh berbeda dukungan, namun kita harus kompak,” katanya.

Sementara Ketua FPK Riau Drs Auni M Noor MSi mengatakan. acara silaturahmi merupakan agenda rutin FPK Riau dalam rangka terus merawat Pembauran Kebangsaan di Provinsi Riau.

Menurut Auni semakin sering acara silahturahmi diadakan semakin baik pembauran kebangsaan antar etnis.

“Inti dari pembauran itu adalah silahturahmi, makin sering dilaksanakan silaturahmi maka makin baik pembauran kebangsaan kita. Kita bangga hidup harmonis dalam kebhinekaan,” ujar mantan Wakil Bupati Kabupaten Rokan Hulu ini..

Ketua Panitia Pelaksana Silaturahmi Akbar FPK Riau H EM Surachmat SH MH mengucapkan terima kasih kepada semua peserta silaturahmi yang sudah antusias mengikuti acara. Dan berharap silahturahmi terus terjalin dalam rangka pembauran kebangsaan dengan bingkai Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Silaturahmi tak hanya berakhir dirungan ini, namun haryus terus terpatri dalam hati kita masing-masing. Kita harus menyadari kita berbagai suku bangsa, namun tetap satu dalam NKRI,” katanya.

Silahturahmi akbar diakhiri dengan tausiah kebangsaan oleh Dr H Suhaimi LC MA yang menyampaikan pentingnya saling menghargai di tengah perbedaan dan upaya untuk terus merawat persatuan dan kesatuan bangsa. Apalagi saat ini merupakan tahun politik seiring dengan dilaksanakannya tahapan Pemilu 2024.*

Optimized by Optimole