Tiga Ribuan Wartawan Se Indonesia Bakal Ikuti Porwanas Jatim

Rakor lintas sektoral yang dilakukan di Hotel Kampi, Jalan Taman Apsari, Surabaya. Foto: Istimewa

BeritaAzam.com, Surabaya – Persiapan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII yang akan berlangsung di Malang pada 21 hingga 27 November 2022 semakin dimantapkan oleh Pengurus Besar (PB) Porwanas.

Untuk memantapkan pelaksanaan dan keamanan dari sisi penyelenggaraan, Tim PB Porwanas menemui Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Hermanto.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum PB Porwanas Lutfill Hakim menjelaskan berbagai hal tentang persiapan pembukaan Porwanas dan kedatangan sekitar 3.500 wartawan dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Intinya Bapak Kapolda Jatim mendukung sepenuhnya kelancaran Porwanas XIII. Dan Bapak Kapolda Jatim siap membantu berbagai hal yang berhubungan dengan institusi Polri,” sebut Lutfill Hakim di Markas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim, Senin, 14 November 2022.

Menurut Lutfil, perhelatan nasional Porwanas melibatkan seluruh stakeholder di Provinsi Jawa Timur dan mendukung penuh penyelenggaraan. Pelaksanaannya sendiri diharapkan memiliki tiga sukses atau Tri Sukses. Sukses penyelenggaraan, Sukses peserta dan pertandingan hingga Sukses pelaksanaan.

Mengingat pelaksanaan Porwanas itu di Jawa Timur, katanya, maka diupayakan untuk mereguk kesuksesan tersebut. Sehingga membawa impact atau multiplier effect citra Provinsi Jawa Timur sebagai masyarakat miniatur Indonesia, aman, nyaman dan fairplay.

“Dari 34 Provinsi yang akan bertanding ke Malang, tempat penyelenggaraan Porwanas untuk melayani atlet dan memfasilitasi mereka membutuhkan kekompakkan seluruh anggota PWI Jawa Timur dalam menyukseskan penyelenggaraan Porwanas tersebut,” ujar Ketua PWI Jatim ini sembari menjelaskan, sejak rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral yang dilakukan di Hotel Kampi, Jalan Taman Apsari, Surabaya, perhelatan Porwanas XIII telah dinyatakan siap.

“Dari Rakor tadi menghasilkan beberapa point penting persiapan akhir perhelatan Porwanas XIII telah fixed. Baik terkait acara seremonial, pertandingan dan penyelenggaraannya,” ujar Lutfil Hakim.

Dijelaskan Lutfil, dalam Rakor jelang akhir perhelatan Porwanas melibatkan unsur Polri mulai dari jajaran Polsek hingga Polda Jatim, Dinas Perhubungan, Dinas Informasi dan Komunikasi, KONI, Dinas Pemuda dan Olahraga, Satpol PP, Tim BPBD Provinsi, Humas, Protokol, hingga Sekretariat Provinsi Jawa Timur.

Rakor yang dilakukan lintas sektoral di Hotel Kampi tersebut, menghasilkan keputusan final mulai dari penjemputan atlet dan kontingen dari 34 Provinsi se Indonesia baik yang menggunakan jalan udara, darat dan laut.

Sementara itu, Ketua I PB Porwanas XIII Jatim, Erwin Muhammad menjelaskan terkait akomodasi, reservasi hingga venues pertandingan dipastikan sudah final. Bahkan termasuk pelaksanaan dan perangkat pertandingan telah final.

“Dalam Porwanas XIII akan mempertandingkan 11 cabang olahraga, antara lain sepak bola, tenis lapangan, tenis meja, futsal dua kelas, badminton, atletik, catur, bridge, dan e sport dua kelas,” ujarnya.*